PENERAPAN STRATEGI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

admin jurnal

Abstract


Dumiyati*)

 

Abstrak : Penyediaan lingkungan pembelajaran yang efektif meliputi strategi yang digunakan guru untuk menciptakan pengalaman ruang kelas yang positif dan produktif, sering disebut sebagai manajemen kelas (classroom management) yaitu strategi untuk mneyediakan lingkungan pembelajaran yang efektif tidak hanya mencegah dan menanggapi perilaku yang buruk, tetapi juga menggunakan waktu kelas dengan baik, menciptakan atmosfir yang kondusif bagi minat dan penelitian, dan membolehkan kegiatan yang melibatkan pikiran dan imajinasi siswa. Peranan guru sebagai manajer dalam kegiatan belajar di kelas sudah lama diakui sebagai salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Guru sebagai tenaga profesional, dituntut tidak hanya mampu mengelola pembelajaran saja tetapi juga harus mampu mengelola kelas, yaitu menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi tercapainya tujuan pengajaran. Oleh karena itu sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu di semua jenjang pendidikan, penerapan strategi manajemen kelas dalam pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang diyakini dapat digunakan untuk memecahkan persoalan yang mendasar dari permasalahan belajar pembelajaran di sekolah. .

 

Kata Kunci : Strategi, manajemen kelas, prestasi belajar siswa.aha

) Dumiyati adalah dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Unirow Tuban

download PDF


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.